CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Selasa, 22 Juli 2008

Artikel UKS, "Ajang Bolos Siswa"

Bosan di Kelas....!

Pada umumnya maupun khususnya, UKS digunakan sebagai tempat beristirahat para siswa yang tiba-tiba sakit di sekolah. Jika mengenai UKS menjadi tempat pelarian para siswa untuk ajang membolos, saya kira bukan sepenuhnya salah mereka. Bisa saja para siswa jenuh akan apa yang sudah mereka terima di dalam kelas. Bertumpuk-tumpuk materi pelajaran tidak disajikan oleh Bapak Ibu Guru dengan suasana santai. Mungkin terlalu serius, sehingga para siswa jenuh dengan yang disampaikan oleh guru mereka.
Sebaiknya, para guru mulai memahami apa yang dialami oleh para siswanya. Yaitu dengan mempraktikan cara-cara belajar efektif yang tidak menjenuhkan ataupun membosankan bagi para murid. Misalnya dengan cara para siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi bersama di halaman sekolah tentang materi pelajaran yang sedang diberikan. Meskipun terlihat sederhana, namun hal ini akan memberikan variasi bagi para siswa sehingga mereka tidak merasa bosan untuk belajar. Ataupun juga berbagai cara kreatif lain yang dapat diciptakan oleh guru-guru di setiap mata pelajaran.
Demikian, semoga UKS yang selama ini telah "dialihfungsikan" menjadi tempat pengungsian para siswa dapat digunakan kembali menjadi yang sedia kala. Dan para siswa dapat kembali menjalankan aktifitasnya kembali sebagai pelajar sehingga mereka dapat membangun Tanah Air kita ini menjadi lebih baik, lebih baik, dan lebih baik. Amin.

by: Nabila Fatma
Mu'allimaat Muh. Yogyakarta Tercinta,,,,,,

0 komentar: