CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Selasa, 21 Oktober 2008

Memahami Sebab dan Akibat

Di semua zaman, kesuksesan sangat didambakan oleh setiap orang. Terutama orang yang mempunyai pandangan yang luas tentang masa depan. Mereka akan selalu berusaha untuk meraih kesuksesan dengan sebaik-baiknya. Nah, salah satu kunci kesuksesan dari berbagai jalan keluar adalah mengetahui dan memahami makna dari hukum kausalitas atau sebab akibat.
Eit, tunggu dulu. Maksud dari hukum ini bukan hukum kausalitas yang menyangkal adanya Tuhan. Tetapi, hukum yang dapat kita ketahui bahwa setelah sebab pasti ada akibat. Dan akibat yang akan terjadi adalah tergantung pada sebab - sebab yang dilakukan. Dan tidak mungkin jika sebab yang kita lakukan buruk, maka akibat yang ditimbulkan baik. Begitu pula sebaliknya.
Oleh karena itu, sebagai anak bangsa yang baik dan berkualitas sebaiknya memahami apa yang disebut sebagai hukum sebab akibat tersebut. Karena dengan kita berbuat buruk, banyak prediksi lebih buruk yang akan ditimbulkan. Dan jika berbuat kebaikan, banyak pula prediksi yang pastinya lebih baik dari sebelumnya. Kita pasti bisa lebih baik memperkirakan apa saja yang akan terjadi kepada kita setelah kita mengerjakan perbuatan itu. Dan kesuksesanpun dapat kita prediksikan keberadaanya. Mulai dari mengambil keputusan dengan sebaik - baiknya, dan berbuat kebenaran.
Meskipun segalanya tergantung kehendak Allah, tidak ada salahnya bagi kita jika berusaha untuk mewujudkanya, bukan?


Nabila Fatma
Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Dimuat di Majalah Kuntum edisi oktober nie,,,,,hehehe

0 komentar: